Skip to main content

Mengapa Saya Tidak Bisa Absen dan Mengakses Aplikasi?

Kendala aplikasi memang cukup bervariasi sehingga menyulitkan karyawan untuk melakukan absensi dan membuat pengajuan. Tak jarang hal ini membuat karyawan kebingungan atas apa yang sedang terjadi dan apa yang harus dilakukan. Berikut ini akan dibahas beberapa kendala sistem yang membuat karyawan tidak dapat melakukan absensi dan tidak dapat mengakses aplikasi.

Koneksi Tidak Stabil

Ketika koneksi tidak stabil, hal ini mengakibatkan aplikasi sulit merespon perintah bahkan mengakibatkan kegagalan. Karyawan dapat mengatahui masalah yang terjadi adalah dikarenakan koneksi dari validasi yang ditampilkan. Akan muncul validasi Ustable Connection. Please try again atau Koneksi tidak stabil seperti pada gambar berikut.

Docs Version Dropdown

Jika hal tersebut terjadi, coba lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

  • Ganti jaringan anda (misalnya dari menggunakan data seluler menjadi menggunakan WiFi atau sebaliknya)
  • Pindah dari posisi sebelumnya ke posisi lainnya

Server Down

Selain koneksi tidak stabil, kendala lainnya adalah saat Server Down. Ketika server down, aplikasi tidak dapat merespon perintah apapun. Sehingga, karyawan tidak dapat melakukan absen dan membuat pengajuan apapun.

Masalah ini tentu saja menjadi penting karna pencatatan absensi bergantung pada aplikasi HRIS. Karyawan bisa saja menjadi telat ketika server down pada pagi hari dan memungkinkan karyawan telat pulang ketika server down pada jam pulang kerja. Berikut ini merupakan tampilan aplikasi HRIS ketika server down.

Docs Version Dropdown

Lantas apa yang harus dilakukan jika keadaan ini terjadi?

Jika kondisi ini terjadi, lakukan beberapa cara berikut.

  • Hubungi divisi IT (Infokan kendalanya)
  • Tunggu divisi IT menginformasikan kembali jika aplikasi sudah kembali stabil

PENTING UNTUK DIPERHATIKAN

Jika server down pada pagi hari, maka lakukan hal berikut ini.

Jika server down pada jam pulang kerja, maka lakukan hal berikut ini.

  • Tunggu divisi IT mengabarkan bahwa aplikasi sudah kembali stabil
  • Lakukan absensi seperti biasa
  • Ketika karyawan memutuskan untuk pulang dengan kondisi belum melakukan absen pulang, segera buat pengajuan Adjustment Attendance atau Perbaiki Kehadiran
  • Tunggu sampai pengajuan disetujui